Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KESUBURAN & KESEHATAN TANAH

Sinopsis buku KESUBURAN & KESEHATAN TANAH

KESUBURAN DAN KESEHATAN TANAH Suatu Pengantar Penilaian Kualitas Tanah Menuju Pertanian Berkelanjutan

Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Ukuran: 15,5cm X 23cm; Hal: xx + 294

Penulis: Dr. Ir. Nurhidayati, M.P.

ISBN: 978-602-1507-68-1

Cover: Dino Sanggrha Irnanda Lay Out: Kamilia Sukmawati

Penerbit:Intimedia

Kelompok Intrans Publishing Wisma Kalimetro 

Anggota IKAPI

Distributor: Cita Intrans Selaras

Kesuburan tanah adalah kemampuan tanah untuk menyediakan unsur hara, air, dan udara yang seimbang bagi pertumbuhan tanaman. Air dan udara disediakan dari atmosfer dan masuk ke dalam tanah dan disimpan di dalam ruang pari tanah untuk digunakan oleh tanaman. Tanah adalah gudang unsur hara yang disimpan dalan berbagai bentuk, sebagian tersedia bagi tanaman dan sebagian yang lain kurang dan tidak tersedia. 

Kesuburan tanah pertanian diukur berdasarkan hasil tanaman (berat kering ton/ha) dan kualitas (kandungan gula, pati, protein, dan vitamin) yang variasinya direkam dari tahun ke tahun,

Di samping kesuburan tanah, kualitas tanah juga dibutuhkan dalam menumbuhkan bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karlen, et al. (1998) mendefinisikan kualitas tanah adalah kapasitas tanah dalam mempertahankan fungsinya di dalam ekosistem untuk menjaga kelangsungan produktivitas alami, menjaga kualitas lingkungan dan mendukung kesehatan tanaman dan hewan, memperta. hankan atau meningkatkan kualitas air dan udara.

Penjelasan tentang materi-materi tentang kesuburan, kesehatan, kualitas tanah, dan aspek-aspek penting yang berhubungan dengan tanah di uraikan dalam buku ini, sehingga buku ini wajib dimiliki oleh mahasiswa fakultas pertanian, masyarakat tani, ataupun masyarakat umum yang tertarik dalam bisnis pertanian untuk menciptakan hasik pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Buku ini tersedia di perpustakaan tenas efendy jalan sutomo no 1 kota pekanbaru, buku ini dapat dipinjamkan. 

Posting Komentar untuk "KESUBURAN & KESEHATAN TANAH"