Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Buku Syair Ikan Terubuk

 


Sinopsis Buku : Syair ikan terubuk:

Pengarang : Elmustian Rahman, Abdul Jalil, Fakhri

Penerbit : UNRI Press

ISBN : 979-3297-72-7

Apakah itu hanya cerita sepele tentang dua ekor ikan yang tak dapat hidup bersama karena tak ditakdirkan begitu? Apakah syair itu hanya sebuah cerita hiburan tentang seorang pemuda yang kasihnya tak sampai? Apakah syair ini ditulis hanya untuk menghibur hati pembaca dan pendengar yang gundah gulana? Ataukah ia juga menyiratkan sesuatu yang serius? Atau mungkin menyiratkan suatu parodi di dunia Melayu? Atau barangkali sesuatu yang sangat serius?

Pembahasan buku ini tidak hanya memfokuskan diri kepada analisis naskah, tetapi lebih diarahkan kepada struktur, tinjauan kodikologi, dan rekonstruksi sejarah.

Korpus sastra lama Melayu Riau, seperti Syair Ikan Terubuk, setelah melalui proses pengkajian filologis, dapat dimanfaatkan sebagai sumber sejarah setelah diuji berdasarkan sumber-sumber lain atau setelah diketahui sifat-sifatnya. 

Hal ini penting dilakukan antara lain teksteks sejarah yang ada saat ini jarang sekali memakai teks sastra sebagai bahan informasi penting.

Buku ini tersedia di perpustakaan Tennas Effendy Kota Pekanbaru dan dapat di Pinjam, Perpustakaan Buka Setiap Hari Senin Jam 08.00 -16.00, sabtu - minggu buka jam 09.00-14.00

Posting Komentar untuk "Sinopsis Buku Syair Ikan Terubuk"